Quotes
Laki-laki yang memperlakukan kekasihnya dengan lembut pasti dibesarkan oleh wanita yang berkelas. Orang tua yang kasar akan membesarkan anak yang kasar kepada pasangannya. Berkenalan dengan orang tua kekasih bukanlah tanda akan melamar, tapi untuk mengenal kualitas pendidik anaknya.

close
3 Jan 2014

Mengenal Seputar HTML5

Know Regarding HTML5 - HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

Mengenal Seputar HTML5

HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

STRUKTUR HTML5

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul</title>
</head>
<body> Isi dan Konten </body>
</html>

MARKUP

Pada HTML 5 diperkenalkan beberapa elemen baru dan atribut yang merefleksikan tipikal penggunaan website modern. Beberapa diantaranya adalah pergantian yang bersifat semantik pada blok yang umum digunakan: yaitu elemen (<div>) dan inline (<span>), sebagai contoh (<span>) (sebagai blok navigasi website) dan <footer> (biasanya dikaitkan pada bagian bawah suatu website atau baris terakhir dari kode html). Banyak elemen lain yang memberikan kegunaan baru melalui antar muka yang telah distandarkan, seperti elemen multimedia <audio> dan <video>. Beberapa elemen yang telah ditinggalkan juga ditiadakan, termasuk elemen presentasi semata seperti <font> dan <center>, yang sebenarnya dapat dikerjakan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS).

PENGHAPUSAN PADA TAG HTML5


<acronym>
<applet>
<basefont>
<big>
<center>
<dir>
<font>
<frame>
<frameset>
<noframes>
<strike>
<tt>
<u>

HAL YANG BARU PADA HTML5

Pada awalnya untuk membuat layout sebuah web kita menggunakan <div id='header'> untuk header, <div id='main-content'> untuk artikel, <div id='sidebar'> untuk sidebar, dan <div id='footer'> untuk footer. Gambarannya seperti ini :

old layout

Dengan menggunakan HTML5 maka struktur tersebut menjadi <header>, <article>, <aside> dan <footer>. Untuk merubah tampilan, tambahkan id dan ubah CSSnya, <header id='header'>.

new layout

Keuntungan dari struktur diatas dengan menggunakan semantik HTML5 akan memudahkan mesin pencari untuk menelusuri bagian mana saja dari sebuah blog/website. Dengan struktur yang mudah difahami oleh mesin pencari, tentunya akan mempunyai pengaruh terhadap SEO itu sendiri.

Sumber bacaan:
http://blog.kangismet.net/2013/12/html5-dan-seo.html
http://under-88.blogspot.com/2012/05/definisi-dan-pengertian-html5.html
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5

6 Komentar

Pertamax sob....
Terimakasih infonya, sangat bermanfaat :)

mantab sob tutorialnya,, saya coba dulu mana tau sukses :D

Silahkan.. Semoga sukses :-bd

Makasih gan, tutorialnya sangat ngebantu saya untuk mengerti HTML 5 :)
main-main juga ya ke blog kami http://blog.jaringanhosting.com/

Sama2.. :)
oke oke saya kan mampir :-bd

BERI KOMENTAR | KHUSUS PENGGUNA TERDAFTAR
Silahkan beri komentar Anda dengan bijak dan sesuai dengan topik (untuk komentar OOT sebaiknya di Forum Ngopi).

Batal
Terima kasih telah berkomentar
 
notifikasi
Tutup